Herlambang Ega Prasetya
23212428
1EB11
1)
Apa
yang anda ketahui mengenai bisnis ?
Jawaban :
Menurut
Kamus besar Bisnis adalah : Usaha komersial di dunia perdagangan, Bidang Usaha,
Usaha dagang dll.
Adapun
Menurut ilmu Ekonomi Pengertian bisnis adalah : Suatu organisasi yang menjual
barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan untung.
Secara
Historis kata Bisnis berasal dari Bahasa Inggris Bussines. dari kata
dasar Busy yang berarti “Sibuk” dalam konteks individu, komunikasi, ataupun
masyarakat, dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan.
Adapun
pengertian Bisnis menurut bidang Etimologi yang berarti keadaan dimana
seseorang atau sekelompok orang melakukan pekerjaan yang menghasilkan
keuntungan.
2)
Jelaskan
Devinisi Bisnis menurut 10 pakar di dunia ?
Jawaban :
a. Huat.T
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang
mengambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa
dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi
barang dan jasa untuk memuaskan masyarakat ( “ Bussinessis then simply a system
that produces goods and service to satisfy the needs of our society “ ).
b.
Steinford (1979)
“ Bussiness is a institution which produces goods and
services demanded by people”, artinya bisnis ialah suatu lembaga yang
menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat apabila kebutuhan
masyarakat meningkat, maka lembaga bisnispun akan meningkat pula
perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
c.
Griffin
Dan Ebert (1996)
“ Buisssiness is
all those activities anvolved in providing the goods services needed or desired
by people”, Dalam pengertian ini Bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan
barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen, dapat dilakukan
oleh organisasi perusahaan yang memiliki badan hukum, perusahaan yang memiliki
badan usaha maupun perorangan yang tidak memiliki badan hukum maupun badan
usaha seperti pedagang kaki lima.
d.
Glos,
Steade Dan Lawry
Bisnis adalah
jumlah seluruh kegiatan yang di organisir oleh orang-orang yang berkecimpung
dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk
kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
e.
Alan
affuah
Bisnis merupakan
sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan
dan mentrasformasi sebagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan
konsumen.
f.
Mussleman
Dan Jackson
Bisnis adalah
suatu aktifitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan
perusahaan di organisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.
g.
Brown
Dan Petrello
Bisnis adalah
suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat,
apabila kebutuhan masyarakat meningkat. Maka lembaga bisnispun akan meningkat
pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.
h.
Mahmud
Mach Foedz
Bisnis adalah
perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk
mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi
kebutuhan konsumen.
3)
Apa
yang Anda Ketahui Mengenai Franchise ?
Jawaban
:
Arti
dari Franchising sendiri adalah perikatan dimana salah satu pihak
diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan
intelektual.
Franchising
terbagi atas 2 sigmen yaitu :
a) Franchisor
atau pembeli laba
Badan usaha atau
perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas intelektual
atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
Franchisor sudah
harus siap dengan perlengkapan oprasi bisnis dan kinerja manajemen yang baik
menjamin kelangsungan usaha dan distribusi bahan baku untuk jangka waktu
panjang, serta menyediakan kelengkapan usaha sampai kidetail yang terkecil.
Franchisor juga sudah harus menyediakanperhitungan keuangan yang didapat.
b) Franchisse
atau Penerima Walaba
Badan usaha atau
perorangan yang diberikan hak
memanfaatkan dan atau menggunakan
hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki
pemberi walaba . Franchisse hanya menyediakan tempat usaha dan modal sejumlah tertentu
bergantung pada jenis walaba yang akan
dibeli. Namun Franchisse juga mempunyai kewajiban non-finansial yang sangat
esensial yakni menjaga image produk walaba.
Franchisse mempunyai 2 kewajiban
Finansial :
Yakni
membayar Franchise free dan royalti free
Ø Franchise
free
Jumlah yang harus
dibayar sebagai imbalan atas pemberian hak intelektual pembeli walaba, yang
dibayar untuk sati kali diawal pembelian walaba.
Ø Royalti
Free
Jumlah uang yang di
bayarkan secara periode yang marupakan persentase dari omzet penjualan.
Jadi kesimpulannya adalah:
Franchise adalah
suatu bentuk kerjasama dimana pembeli Walaba ( Franchisor ) memberi izin kepada
penerima walaba ( Franchisse ) untuk menggunakan hak intelektualnya. Seperti
nama merek dagang, produk, Jasa, dan sistem oprasi usahanya. Sebagai timbal baliknya penerima walaba
membayar suatu jumlah yang seperti Franchise dan Royalty fee atau lainnya.
Perkembangan Strategi Pemasaran
Ekspor Kopi Indonesia dalam Persaingan Pasar Internasional
Menurut data Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia
menunjukkan pada 2011 terjadi peningkatan nilai ekspor kopi Indonesia sebesar
26 persen dari 846 juta dolar AS pada 2010 menjadi 1,06 miliar dolar AS pada
2011, namun volume ekspor turun 21 persen dari 447,5 juta ton pada 2010 menjadi
hanya 352 juta ton pada 2011. Negara tujuan ekspor terbesar dari sisi nilai
adalah Amerika Serikat yaitu menyumbang 24 persen dari total nilai ekspor yaitu
252 juta dolar AS dengan volume ekspor 45 juta ton, namun dari sisi volume
ekspor negara terbesar adalah Jepang yaitu sebanyak 55,5 juta ton atau 16
persen dari volume ekspor dengan nilai 168 juta dolar ASMenurut Asosiasi Kopi
Nasional (National Coffee Association/NCA).
Tiga
perempat orang dewasa DI Amerika minum kopi dan 58% mengatakan mengaku
menjadikan kopi konsumsi sehari-hari. Berdasarkan data tercatat
total ekspor kopi Januari-Maret 2012 hanya 800 ton atau senilai 2,722 juta
dolar AS. Sedangkan periode yang sama 2011 mencapai 2.838 ton senilai 6,337
juta dolar AS. onsumsi dalam negeri termasuk besar, yakni mencapai 270.000 ton.
Dari angka itu konsumsi robusta mencapai 230.000 ton. Konsumsi dalam negeri
tahun lalu, yakni 3juta -3,5 juta karung. Saat ini, minimal konsumsi diprediksi
3,5 juta-4 juta karung atau setara 240.000 ton-270.000 ton. Dalam kondisi
normal produksi kopi robusta di Indonesia mencapai 450.000 ton dan arabika
90.000 ton. “Konsumsi kopi dalam negeri cenderung terus naik sebesar 6-8 persen
per tahun. (Sources data, media terkait, article, kompas, data diolah F. Hero
K. Purba).
Berdasarkan
datan Kementerian Perdagangan, ekspor kopi Indonesia ke AS terus menunjukkan
peningkatan. Total ekspor kopi tahun 2011 mencapai 326 juta dollar AS. Angka
itu naik sekitar 38 persen dari tahun sebelumnya. Sementara itu, pada Januari
2012, ekspor kopi nasional sudah mencapai 33,3 juta dollar AS. Jika di analisa
bahwa Perkembangan harga kopi dunia. Menurut ICO, perkembangan harga
rata-rata kopi Arabika selalu lebih tinggi dibandingkan harga kopi Robusta,
maka dapat diasumsikan bahwa pengembangan agribisnis kopi Arabika memiliki kecenderungan
yang lebih prospektif dibandingkan dengan Robusta. Perkembangan konsumsi kopi
dunia terutama negara importer cukup baik sehingga pasar dan permintaan baru
akan terbuka. Untuk data statistik, ekspor kopi Indonesia ke AS terus
menunjukkan peningkatan.
Total ekspor
produk kopi Indonesia ke AS pada 2011 mencapai 326 juta dolar AS, atau
meningkat 37,61 persen dibandingkan 2010 yang mencapai 237 juta dolar AS. Data
perdagangan Indonesia-AS pada Januari 2012, ekspor kopi Indonesia mencapai 33,3
juta dolar AS, atau meningkat 68 persen dibanding periode yang sama pada 2011
yaitu 19,8 juta dolar AS. Aneka ragam dan jenis Kopi spesial Indonesia itu
seperti antara lain Toraja, Mandailing, Java Preanger, Flores, Linthong, Gayo,
Java Arabika, Lampung, Bali Kintamani, Papua Jayawijaya, Papua Pegunungan
Bintang, Kopi Luwak, Kopi Lanang, dan Kopi Gajah. Hal ini memberikan
prospek yang cerah dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas serta
sustainable untuk rantai pasokan kopi dalam persaingan pasar Internasional.
4)
Jelaskan
apa yand dimaksud dengan perusahaan, organisasi, manajemen, dan manajemen
produksi ?
·
Perusahaan :
Suatu tempat untuk
melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini di sebabkan karna
kebutuhan, manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati
sebuah proses, disuatu tempat, Sehingga inti dari perusahaan ialah tempat untuk
melakukan proses, sampai bisa langsung
digunakan oleh manusia untuk menghasilkan barang konsumsi, perusahaan
memerlukan faktor-faktor pendukung lainnya, Seperti bahan baku.
·
Organisasi
alat
untuk mencapai tujuan manajemen atau suatu kelompok orang dalam suatu wadah
untuk tujuan bersama. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah
dimana orang-orang berkumpul, berkerja sama secara rasional dan sistematis,
terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber
daya (uang, material, mesin, metode serta lingkungan) dan lain sebagainya yang
digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
·
Manajemen
sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan
organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya.
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia manajemen adalah penggunaan sumber daya
secara efektif untuk mencapai sasaran.
·
Manajemen produksi
kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk mencapai
tujuan dengan menggunakan koordinasi kegiatan orang lain serta kegiatan untuk
mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar